Taman Poci

Taman kecil yang terletak di depan Stasiun KA Tegal melengkapi ruang publik yang ada di kota Tegal. Taman ini dilengkapi dengan permainan anak - anak dan dihiasi lampu hias, sehingga cocok untuk
keluarga yang ingin "jagongan". Taman ini juga banyak pedagang kaki lima di sekelilingnya yang menjajakan makanan khas Tegal. Taman ini disebut Taman Poci karena adanya patung poci di sudut taman.
 

Taman poci ini awalnya bernama Taman Pancasila, sebagai tugu peringatan perjuangan pemuda - pemuda kota Tegal saat merebut kemerdekaan dari tangan Jepang. Saat pendudukan Jepang, Gedung Birao menjadi saksi sejarah perobekan bendera Dai Nipon yang dilakukan pejuang. Banyak berguguran pemuda Tegal, yang gugur diujung bayonet Nippon. Kemudian sebagai penghargaan dibangunlah Tugu Pancasila.

Kini kota Tegal juga membangun Taman Poci baru, di sebelah utara Stasiun KA Tegal, pada bekas SD Panggung yang dibongkar disulap menjadi ruang publik. Kini Taman Poci inipun jadi tempat rekreasi bagi keluarga untuk menikmati taman, dan track jalan kaki dengan sensasi batu kerikil yang berfungsi refleksi.(*)